Pengertian Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal Beserta Contohnya

Pengertian Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal
Tentu Bapak/Ibu pernah mendengar istilah jalur pendidikan formal, nonformal, maupun informal? Namun sampai saat ini apakah Bapak/Ibu paham maksud dari istilah-istilah tersebut? Kalau belum paham, simak postingan saya kali ini.
Sebelum jauh mendalami, kita kenali dulu maksud/istilah dari jalur pendidikan, pengertian dan makna dari jalur pendidikan sudah tertulis pada Pasal 1 Ayat 7, Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Setelah membaca dan mengetahui makna dari jalur pendidikan, selanjutnya kita lanjutkan ke macam-macam ke jalur pendidikan di Indonesia yang sudah tertuang dalam Pasal 13 Ayat 1, Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang berbunyi: "Jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya."

Untuk mengetahui lebih jelas tentang ketiga jalur pendidikan di atas, mari kita cermati ulasan pengertian beserta contohnya berikut ini:

1. Pendidikan Formal

Pendidikan Formal adalah jalur pendidikan yang ditempuh secara resmi pada satuan lembaga atau organisasi terstruktur dan berjenjang yang terdiri dari pendidikan dasar, pendidian menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan formal diselenggarakan oleh pemerintah (negeri) dan yayasan atau organisasi yang telah memenuhi syarat (swasta).

Contoh pelaksanaan pendidikan formal adalah belajar di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan perguruan tinggi, baik itu negeri maupun swasta yang telah di akui pemerintah.

2. Pendidikan Nonformal

Pendidikan Nonformal adalah jalur pendidikan yang didapat tidak secara formal melalui sekolah maupun perguruan tinggi, namun tetap memiliki struktur dan berjenjang. Pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan yang bertujuan sebagai pengganti, penambah, serta pelengkap pendidikan formal yang diselenggarakan  oleh lembaga yang ditunjuk pemerintah pusat atau daerah dengan mengacu pada standar pendidikan nasional.

Contoh pelaksanaan pendidikan nonformal adalah mengikuti Pendidikan AnakUsia Dini (PAUD), pendidikan kesetaraan Paket A, Paket B, Paket C. Pendidikan nonformal sebagai sarana untuk mengembangan kemampuan peserta didik yaitu: lembaga pelatihan, lembaga kursus dll.

3. Pendidikan Informal

Pendidikan Infromal adalah jalur pendidikan mandiri yang diperoleh dari keluarga maupun lingkungan dengan bentuk kegiatan pembelajaran secara mandiri. Hasil jalur pendidikan informal dapat diakui jika peserta didik dapat lulus ujian sesuai dengan standar nasional pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah.

Contoh pelaksanaan pendidikan informal adalah pendidikan anak usia dini yang diberikan oleh keluarga maupun lingkungan.